Selasa, 30 November 2010

Dampak Negatif Internet


MONDAY, 15 NOVEMBER 2010

Total View : 447 times

Kebutuhan kaum muda dalam penggunaan internet yang meluas bahkan cenderung berlebihan, banyak berdampak negatif  untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka kedepan. Kenyataan ini pun merisaukan pemimpin agama Katolik, Paus Benediktus XVI, yang coba memberi pengertian kepada kaum muda dalam menggunakan internet secara bijak dan tepat.
Paus memberi pengertian dengan tegas bahwa internet tidak membuat orang lebih manusiawi, namun malah menyebabkan pengguna berisiko tersugesti merasa kesepian dan disorientasi. Radiasi buruk ini rentan menjangkiti para kawula muda penggemar dunia maya.
"Sejumlah besar kaum muda, melakukan pola komunikasi yang tidak meningkatkan kemanusiaan namun malah melonjakkan risiko perasaan kesendirian dan disorientasi," ucap Paus Benediktus XVI, seperti dikutip dari AFP, Senin (15/11).
Paus yang pada umur 14 tahun pernah mengikuti wajib militer Hitler Judgend atau Pemuda Hitler ini menggambarkan bahwa pada kenyataannya internet adalah sebuah medium teknologi yang harus dipergunakan secara bijak, tidak berlebihan dan perlu, karena kesalahan dalam mempergunakannya akan membuat setiap orang menjadi kecanduan dan kehidupan social berikut dunia nyata pun terlupakan.
Pemimpin Vatikan ini memang cukup cemas dengan efek buruk teknologi. Sebelumnya, dia juga pernah menyatakan bahwa teknologi mengaburkan batas antara kebenaran dan ilusi. Contoh fakta memanfaatkan internet secara bijak pun telah Paus perlihatkan. Paus Benediktus XVI membuat dan memanfaatkan jejaring sosial Facebook sebagai sarana untuk menarik kaum muda kembali beribadah ke gereja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar